Butterfly Effect

waktu itu iseng-iseng buka unic77.blogspot.com waktu ada posting soal Butterfly Effect. Filmnya Ashton Kutcher yang berjudul sama lumayan keren menurut saya, walaupun agak membingungkan :D lalu saya baca artikel itu, awalnya karena ada gambar garis-garis lengkung mirip kupu-kupu yang biasa ditemui di buku-buku fisika, saya kira butterfly effect akan berisi angka-angka dan penjelasan bagaimana kepakan sayap kupu-kupu dapat menimbulkan tornado *anak lugu yang menerima sebuah teori begitu saja*..
tapi ternyata tidak, saya salah... ternyata artikel itu berisi teori tentang kehidupan dan segala yang membuat saya tertarik. ini sedikit tentang butterfly effect yang berhasil saya dapatkan setelah browsing.

teori chaos (yang kemudian Edward Norton Lorenz juga menyebutnya sebagai Butterfly Effect Theory), yang secara umum dapat digariskan dengan bahwa “satu kepakan sayap kupu-kupu di langit Indonesia bisa mengakibatkan badai Tornado di belahan dunia yang lain…”. Apa maksud dari bunyi teori tersebut?
Satu frase dasar yang dapat mengilustrasikannya ialah bahwa satu peristiwa kecil saja yang terjadi di masa yang lalu akan mampu memberikan perubahan yang begitu besar pada kehidupan kita saat ini.[rizquilibrium.blogspot.com]

The butterfly effect is a metaphor that encapsulates the concept of sensitive dependence on initial conditions in chaos theory; namely that small differences in the initial condition of a dynamical system may produce large variations in the long term behavior of the system. Although this may appear to be an esoteric and unusual behavior, it is exhibited by very simple systems: for example, a ball placed at the crest of a hill might roll into any of several valleys depending on slight differences in initial position. The butterfly effect is a common trope in fiction when presenting scenarios involving time travel and with "what if" scenarios where one storyline diverges at the moment of a seemingly minor event resulting in two significantly different outcomes. [wikipedia]



nah, benar-benar menarik! sekecil apapun hal yang kita lakukan ternyata bisa berakibat besar suatu hari nanti... saya jadi mulai berpikir, jika saya iseng-iseng meninggalkan sebuah pulpen di kursi tunggu rumah sakit, apa yang akan terjadi pada pulpen itu dua bulan kemudian? mungkin saja ribuan narapidana terbunuh secara misterius karena seseorang mengambil pulpen itu dan menggunakannya untuk menulis dalam Death Note... who knows? :D
kembali tentang film Butterfly Effect-nya Ashton Kutcher yang selalu diputar malem-malem karena ratingnya dewasa, diceritakan bahwa Evan (Ashton) yang mengalami trauma saat kecil dan remaja, menulis jurnal yang dibukanya kembali saat dewasa dan mengantarkan kembali ke masa lalunya. di masa lalunya itu dia memperbaiki hal-hal yang dipikirnya salah, tetapi perubahan kecil yang dilakukannya di masa lalu ternyata berakibat sangat besar pada masa kininya. ada bagian di mana kaki tangan Evan buntung dan aku tidak tahu bagaimana mulanya... T.T *merinding*
well, setelah membaca sedikit teori butterfly effect beserta contoh dan penalarannya, saya pikir saya harus mulai berhati-hati mengepakkan sayap saya.

Category: 0 comments

0 comments:

Posting Komentar